Posted on Leave a comment

Ingin Mengoleksi Beragam Hot Wheels Langka? Pahami Dulu 5 Tips Berikut!

hot wheels langka 2019 2020 2021

Bagi para diecaster, mengoleksi mobil mainan sejenis Hot Wheels memang sangat menyenangkan. Hal ini tidak saja mampu memuaskan hasrat pribadi untuk memiliki mobil-mobilan yang mendekati versi aslinya, tetapi juga sebuah hobi yang dapat mendatangkan keuntungan.

Hot Wheels sendiri merupakan brand mobil die-cast yang telah ada sejak tahun 1968. Tercatat sudah terdapat ratusan jenis mobil mainan yang diproduksi dan dipasarkan di seluruh dunia. Di antara ratusan jenis tersebut, ada beberapa yang kemudian menjadi Hot Wheels langka dan bernilai tinggi di pasaran.

Nah, bagi Anda yang baru akan menggeluti hobi ini, berikut beberapa tips untuk mencari dan menjadi kolektor.

Perbanyak Informasi tentang Hot Wheels

Hot Wheels Collectors -  salah satu tempat informasi untuk para pemburu hot wheels langka
Hot Wheels Collectors – salah satu tempat informasi untuk para pemburu hot wheels langka

Bagi Anda para newbie, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Informasi ini bisa Anda dapatkan secara online, melalui forum, milis, ataupun blog para diecaster.

Sedangkan untuk cara offline, Anda bisa memperolehnya melalui majalah atau katalog mobil die-cast yang biasanya tersedia di toko buku. Tersedia pula buku panduan, yang akan memberikan informasi terkait perkembangan Hot Wheels dari masa ke masa. Jika beruntung, Anda juga bisa mendapatkan informasi di majalah anak yang kebetulan tengah mengulas mobil mainan ini.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mengenal berbagai macam karakteristik mobil Hot Wheels. Mulai dari jenis, ukuran, hingga soal tren mainan die-cast yang tengah digemari saat ini.

Tentukan Seri Mobil yang Ingin Dikoleksi

Hot Wheels langka - Diecasnesia
Hot Wheels langka – Diecasnesia

Dari ribuan seri mobil Hot Wheels yang ada, Anda tentu tidak bisa mengoleksi semuanya. Selain karena membutuhkan dana yang sangat besar, belum tentu semua jenis tersebut masih tersedia di pasaran. Seringnya, Anda pun pasti dilanda kebingungan ketika akan memilih jenis mobil mana yang hendak dikoleksi. Apakah akan memilih Hot Wheels Treasure Hunt, Hot Wheels AcceleRacers, Hot Wheels Classic, atau yang lainnya.

Karenanya, ada baiknya jika Anda terlebih dulu memfokuskan diri pada salah satu seri. Lakukan pengelompokan berdasarkan jenis, tipe, warna, skala, dan tentukan pilihan Anda. Dengan demikian, proses pencarian koleksi akan lebih terarah dan Anda pun akan lebih mudah mendapatkan informasi.

Bergabung dengan Komunitas Pencinta Hot Wheels

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika Anda bergabung bersama mereka yang memiliki kecintaan serupa terhadap sesuatu. Anda bisa bertukar banyak informasi, pengalaman, dan bahkan info penting terkait perkembangan mobil Hot Wheels. Tak hanya itu, Anda pun bisa belajar banyak dari mereka terkait tips dan trik menjadi kolektor mobil die-cast.

Biasanya, komunitas hobi ini akan rutin mengadakan pertemuan atau kopi darat (kopdar) dengan membawa koleksi masing-masing. Di momen inilah, Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru terkait jenis mobil Hot Wheels dan karakteristiknya.

Bahkan, tak jarang, ada juga diecaster yang melakukan transaksi jual beli atau barter (tukar koleksi) khusus di kalangan komunitas tersebut. Tentunya, jual beli antar sesama pencinta ini lebih ramah secara harga dan lebih tepercaya secara kualitas.

Bagi Anda yang masih bingung untuk mencari komunitas, bisa bergabung di forum atau grup yang ada di media sosial seperti facebook. Atau, bisa juga langsung hadir di acara gathering komunitas yang biasanya rutin diselenggarakan di kota-kota besar.

Hunting Hot Wheels secara Online maupun Offline

team transport Supreme Hot Wheels Fleet Flyer 1992 BMW M3 Red
Team transport Supreme Hot Wheels Fleet Flyer 1992 BMW M3 Red

Berburu koleksi Hot Wheels langka tentu memiliki tantangan tersendiri. Mulai dari harus mengunjungi toko offline, seperti mal, supermarket, dan toko mainan. Hingga harus berselancar di dunia maya, melalui website-website penjualan online baik di dalam atau di luar negeri. Tak hanya itu, terkadang Anda juga harus rajin mengunjungi acara gathering komunitas pencinta mobil die-cast dan acara pameran mainan.

Bagi Anda yang tinggal di kota besar, mengunjungi pusat perbelanjaan dan acara-acara tersebut tentu bukan sebuah masalah. Namun lain halnya bagi kolektor yang bertempat tinggal jauh dari kota besar, hal tersebut bisa menjadi kendala tersendiri.

Solusinya, Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook, forum jual beli (FJB) Kaskus, layanan toko online seperti Tokopedia atau yang lainnya, untuk mencari item incaran Anda. Bagi Anda yang memiliki akun Paypal dan kartu kredit, situs lelang ebay.com juga bisa dikunjungi.

Hanya saja, sebelum membeli jangan lupa untuk memperhatikan reputasi penjual (seller) dan kualitas barang agar terhindar dari penipuan.

Periksa Sebelum Membeli dan Jangan Tergiur Harga Murah

Meski keinginan untuk mengoleksi Hot Wheels terasa sangat menggebu, usahakan jangan pernah tergiur dengan harga miring. Pahami bahwa harga mobil Hot Wheels memang cukup beragam; mulai dari kisaran 20ribu hingga ratusan ribu per item. Jika ada yang menawarkan barang jauh di bawah harga pasaran tersebut, Anda patut berhati-hati.

Lakukan pemeriksaan secara jeli, mengingat saat ini tengah marak oknum-oknum penipuan. Bagi Anda yang hendak memilih mobil baru, jangan pernah mau membeli Hot Wheels yang bungkusnya sudah terbuka. Karena bisa jadi, sebelumnya oknum curang telah berhasil mengganti barang tersebut.

Bahkan, yang terbaru, telah ada manipulasi produk pada barang yang masih terbungkus segel/plastik. Mereka terindikasi menggunakan zat kimia untuk membuka segel tanpa merusak kertas bagian dalam blister. Langkah antisipasi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencium bagian pembungkus mobil sebelum membeli. Jika tercium bau zat kimia tertentu, Anda harus berhati-hati dan sebaiknya pilihlah pembungkus yang tidak berbau. Nah, itulah beberapa tips bagi Anda yang hendak mengoleksi mobil Hot Wheels langka. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *