Selama ini, mainan kerap dianggap sebagai hak prerogatif anak kecil, karena itulah banyak orang yang menjadikan orang dewasa yang mengoleksi mainan sebagai bahan olok-olok, padahal, sebenarnya ada beberapa jenis “mainan” yang bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang dengan nilai jual yang tidak kalah dari logam mulia lho, salah satunya adalah diecast.

Istilah diecast sendiri mengacu pada berbagai varian mainan miniatur mobil dengan bahan metal dan plastik yang biasanya dijadikan koleksi oleh para penggemarnya. Contoh yang paling populer tentu adalah mobil Hot Wheels, mainan yang muncul pada awal tahun 60’ an ini adalah salah satu ikon mainan diecast modern yang sering dijadikan bahan “buruan” oleh para maniak kolektor miniatur mobil.

Peluang Usaha Bisnis Diecast Mobil Hot Wheels

Peluang Usaha Bisnis Diecast Mobil Hot Wheels, gambar oleh Petrolicious.com

Harga yang ditawarkan untuk mobil Hot wheels langka pun tak main-main. Demi item yang diinginkan, para kolektor rela merogoh kocek hingga jutaan rupiah tanpa berpikir dua kali. Valuasi harga yang tinggi ini adalah alasan mengapa diecast kini tak lagi dipandang sebelah mata. Dengan nilai tersebut dapat dikatakan bahwa mainan ini adalah salah satu produk usaha yang cukup menjanjikan di masa depan.

Apa saja sebenarnya keuntungan dari bisnis diecast mobil Hot Wheels di tanah air? Berikut adalah ulasannya:

Modal Kecil dengan Omzet Besar

Peluang Usaha Mobil Hot Wheels

Peluang Usaha Mobil Hot Wheels, Gambar oleh Pindaddy

Bisnis diecast tidak membutuhkan modal yang besar untuk dijalani. Satu buah mobil Hot Wheels standar biasanya hanya dijual seharga 30-50 ribu rupiah saja. Harga yang murah ini kemudian dapat menjadi berlipat ganda apabila produk yang Anda dapat bersifat terbatas alias sulit ditemukan.

Sebagai contoh, beberapa waktu silam Hot Wheels pernah menjalin kerja sama dengan Bugatti untuk membuat diecast mobil Bugatti Veron, saat pertama dijual diecast tersebut hanya dijual dengan harga 40-50 ribu saja, tapi kemudian setelah kerja sama tersebut berakhir dan produksi diecast Bugatti dihentikan, harga jual Hot Wheels Bugatti Veron kemudian naik hingga 200-250 ribu rupiah per buah.

Segmentasi Pasar yang Luas

Mengintip Peluang Usaha Bisnis Diecast Mobil Hot Wheels di Tanah Air

Mengintip Peluang Usaha Bisnis Diecast Mobil Hot Wheels di Tanah Air, gambar oleh northdallastoyshow.wix.com

Meski menyasar market yang sangat spesifik, yaitu para kolektor diecast, nyatanya bisnis ini dapat menjangkau segmentasi pasar yang cukup luas. Hal ini dikarenakan angka penggemar diecast yang cukup tinggi di Indonesia.

Selain itu dengan teknologi internet yang mampu menjangkau seluruh dunia, bisnis diecast kini tidak hanya terbatas pada pasar lokal saja tapi juga dapat dipasarkan ke banyak penggemar diecast di mancanegara. Untuk mencapai level ini Anda tentu harus memahami berbagai metode penjualan internasional seperti cara menggunakan PayPal atau cara shipping produk ke luar negeri secara aman.

Biaya Perawatan Produk yang Sangat Murah

Dalam berbisnis biasanya ada biaya operasional tersendiri untuk perawatan produk. Biaya ini ada supaya produk usaha Anda siap dijual kapan saja. Untuk Hot Wheels, karena dalam kondisi mint produk ini dilindungi oleh kemasan yang rapat, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak usaha dan biaya untuk merawatnya.

Anda cukup rajin membersihkan kemasan dari debu yang menempel saja. Hindari pula paparan sinar matahari secara langsung karena hal tersebut dapat membuat warna kemasan luntur. Bagi Anda yang berbisnis mobil Hot Wheels modifikasi, biaya perawatan yang dikeluarkan sangat bervariasi tergantung pada jenis modifikasi yang dilakukan.

Valuasi Nilai Jual yang Terus Naik

peluang usaha mobil hot wheels langka BRE Datsun RLC

peluang usaha mobil hot wheels langka BRE Datsun RLC, Gambar oleh LamleyGroup

Peluang usaha mobil hot wheels langka BRE Datsun vintage racing RLC

Peluang usaha mobil hot wheels langka BRE Datsun vintage racing RLC, Gambar oleh LamleyGroup

Seperti kasus diecast Bugatti Veron di atas, Hot Wheels memiliki valuasi nilai jual yang sangat menjanjikan. Dengan sedikit kejelian Anda dapat memperoleh keuntungan besar dengan modal awal yang kecil. Valuasi nilai jual ini pun biasanya turut dipengaruhi oleh inflasi pasar. Dengan kata lain semakin tinggi harga jual Hot Wheels standar maka akan semakin tinggi pula item Hot Wheels langka/jadul milik Anda.

Valuasi ini akan terus meningkat seiring waktu. Untuk Hot Wheels original keluaran lama para kolektor tidak akan segan untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Hal ini membuat Anda harus pintar-pintar dalam menjual item yang Anda miliki. Jika item tersebut cukup langka sebaiknya jangan jual dulu item tersebut selama 3-5 tahun agar valuasi harganya naik drastis.

Risiko Rugi yang Cenderung kecil

Peluang usaha mobil hot wheels langka Transport Mix

Peluang usaha mobil hot wheels langka Transport Mix, Gambar oleh LamleyGroup

Mobil Hot Wheels memiliki tingkat detail yang presisi serta diproduksi dengan standar tinggi. Hal ini membuatnya hampir mustahil untuk mengalami cacat produksi yang mungkin dapat merugikan Anda. Selain itu karena nilai jualnya yang bertambah seiring waktu Anda tidak perlu khawatir jika item Anda tidak segera terjual.

Dari poin-poin di atas dapat dilihat bahwa bisnis diecast memiliki potensi usaha yang sangat menjanjikan di masa depan. Perlu diketahui bahwa diescast sendiri tidak hanya terbatas pada mobil Hot Wheels saja tapi juga mencakup berbagai produk miniatur mobil seperti Majorette, Kyosho, dan Auto Art. Masing-masing produk yang diusung oleh produsen tersebut memiliki nilai eksklusivitas yang tinggi sehingga laik untuk dijadikan produk investasi jangka panjang Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *